Jogja » Travel

Lesung Zaman Kerajaan Medang Kamulan Ditemukan di Sawah

August 28, 2013  ·  0 Comment


GROBOGAN - Sebuah lesung tua diduga peninggalan zaman Kerajaan Medang Kamulan ditemukan di sawah warga di Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. Lesung itu dipecaya membawa berkah dan tidak akan dijual oleh pemilik sawah.

Pemilik sawah, Suparmin dan Sutiyo, anak dan bapak itu warga Desa Banjarejo, Kecamatan Gabus, itu terus menggali sawah untuk mengangkat sebuah lesung tua yang terpendam. Setelah digali hingga dua meter, badan serta ukir-ukiran lesung mulai terlihat jelas.

Penemuan lesung itu bermula saat Suparmin hendak mencari emas di sawah. Menurut warga, ratusan hektare sawah di lokasi tersebut merupakan bekas peninggalan bangunan Kerajaan Medang Kamulan. Lokasi itu diyakini banyak menyimpan harta benda kerajaan yang terkubur sejak ratusan tahun lalu.

“Awalnya kaget mengaku kaget ketika menemukan batu besar yang berukir, Karena panik, lalu bersama ayah mendatangi orang pintar untuk mencari kejelasan lesung tua ini,” kata Suparmin, (27/8/2013).

Diduga lesung kuno itu merupakan peninggalan zaman Kerajaan Medang Kamulan yang dipimpin Prabu Dewata Cengkar. Lesung bersama sejumlah barang lainnya terkubur dalam tanah setelah kerajaan runtuh.

Dia mengaku tidak berani mengangkat lesung dan dibiarkan masih tertancap di dalam lubang sawah sebelum dilakukan ritual pemindahan. Selain lesung, beberapa serpihan guci juga ditemukan di sampingnya.

Lesung berukuran panjang 170 sentimeter, lebar 150 sentimeter dan tinggi 100 sentimeter itu rencannya tidak akan dijual dan disimpan di rumah agar tidak terjadi bencana yang melanda desa. Pasalnya, warga percaya lesung tua itu memiliki tuah sehingga dan mendatangkan berkah.
(Rustaman Nusantara/Sindo TV) (tbn)

By


Readers Comments (0)


You must be logged in to post a comment.